Rabu, 06 Agustus 2008

Perkembangan Bisnis Tanaman Horti


Kecenderungan globalisasi pola pangan yang mengarah kembali ke prinsip-prinsip alami (back to nature), terutama dalam hubungannya dengan pemeliharaan dan perawatan kesehatan telah memicu peningkatan permintaan pada produk-produk hortikultura (berupa sayur-sayuran dan buah-buahan), tetapi juga pada tanaman bunga dan daun (florikultur).

Kinerja hortikultura Indonesia, akhir-akhir ini semakin menggeliat dan memberikan kontribusi yang cukup baik pada perekonomian Indonesia. Pada 2001, bersama-sama dengan produk tanaman pangan, ekspor produk-produk hortikultura telah mampu memberikan kontribusi sekitar 51% terhadap PDB Nasional (BPS, 2003). Dan proporsi tersebut, devisa yang dihasilkan sub sektor hortikultura sekitar USD 169,7 (Ditjen Binprod Hortikultura, 2003). Walaupun demikian, sebagai negara agraris, devisa tersebut sangat kedil bila dibandingkan dengan volume bisnis florikultur (bunga dan tanaman hias) di negara Belanda misalnya, yang volume bisnis pertahunnya dapat mencapai USD 4 miliar.

Secara agroklimat Indonesia memiliki kecocokan iklim untuk komoditas tropis yang eksotik dan langka. Contoh komoditas yang dicari pasar internasional adalah manggis, mangga, nenas dan duku. Keempat komoditas mi, cukup diminati oleh masyarakat di negara-negara Skandinavia. Hanya saja komoditas itu (diekspor) harus dibudidayakan secara organik. Ariinya buah-buahan tersebut, tidak pernah berkaitan dengan pestisida, herbasida, ataupun senyawaan-senyawaan kimia lainnya yang bukan berasal dan alam.

Sejauh ini produk-produk hortikultura Indone-sia yang diunggulkan buah mangga, durian, alpukat, pepaya, rambutan, manggis, duku, nenas, jeruk, salak dan pisang. Sedang dan kelompok sayur-sayuran komoditas unggulannya adalah kubis, cabe merah, bawang merah, mentimun, jahe, kentang dan tomat. Di lain pihak dan kelompok florikultura, komoditas-komoditas unggulannya adalah anggrek, antherium, gladiol, krisan, mawar, melati dan palem.

Nilai ekspor buah-buahan segar Indonesia pada tahun 2000 dan 2001 masing-masing adalah 13,2 juta dan 9,4 juta USD. Di lain pihak nilai impornya lebih dan 10 kalinya, yakni masing-masingl38,4 juta USD pada 2000 dan meningkat lagi menjadi 140,7 juta USD pada 2001. Dengan demikian terdapat anggapan di masyarakat bahwa karena vol-ume dan impor buah-buahan seperti apel, jeruk, pir, anggur dan durian Thailand terus menerus meningkat maka citra hortikultura Indonesia, khususnya buah-buahan sangat rendah.

Ternyata kecenderungan impor tidak hanya untuk buah--buahan saja, karena data impor sayur-sayuran segarpun memiliki kecenderungan yang sama. Data untuk sayuran segar pada 2000 dan 2001 masing-masing adalah 84,6 juta dan 92,3 juta USD. Di lain pihak, nilai ekspornya masing-masing pada tahun yang sama hanya mencapai 23,6 juta dan 28,9 juta USD.

Peluang bisnis produk hortikultura yang besar juga terlihat pada kenyataan bahwa konsumsi buah-buahan masyarakat Indonesia baru mencapai 36 kg/kapita/tahun. Sedangkan rata-rata dunia telah mencapai 60 kg/kapita/tahun. Di lain pihak terdapat tiga kawasan internasional yang memiliki permintaan pada buah-buahan tropik yang cukup besar, yakni Eropa Barat (Jerman, Perancis dan Inggris, Amerika Utara, Amerika Serikat dan Kanada) serta kawasan Asia Pasifik (Jepang, Hong Kong, Singapura dan Australia), (BI, 2003).

Dalam upaya meraih peluang bisnis hortiku pekerjaan rumah yang harus kita kerjakan pertama memilih jenis-jenis komoditas unggulan yang cocok dengan selera pasar domestik dan pasar global. Kedua, melakukan perbaikan mutu bibitlbenih dengan menggalakkan penangkaran bibit di dalam negeri. Ketiga, melakukan penanganan panen dan pasca panen yang baik dan profesional, termasuk diantananya penanganan nantai dingin. Keempat, memperhatikan standar perdagangan internasional, serta mengantisipasi berbagai hambatan pendagangan seperti HACCP, ekolabel, sanitary and phytosanitary measures dan lain-lain. Dan kelima, menggalakkan agroindustri pengolahan buah-buahan dan sayuran yang didukung oleh kebijakan pemerintah yang kondusif.

Berdasarkan pengalaman penulis dan setelah mempelajari setumpuk rujukan, tennyata masih banyak peluang yang sebetulnya dimiliki Indonesia di dalam memasok penmintaan pasar akan komoditas-kamoditas hortikultura. Peluang-peluang tersebut antara lain, pertama peningkatan jumlah penduduk dan masih rendahnya tingkat konsumsi produk-produk hortikultura, membuka peluang pemasaran produk yang baik di pasar domestik.

Kedua, kecenderungan negara-negara maju di belahan dunia sub tropis, yang masyarakatnya makmur, sangat antusias dalam mengkonsumsi buah-buahan ataupun sayuran tropis. Permintaan akan produk-produk hortikultura tropik diduga akan terus meningkat

Ketiga, keragaman varietas yang tensedia di Indonesia sangat besar, sehingga memungkinkan dilakukannya pola--pola diversifikasi usaha, sekaligus memasok segmen-segmen pasar tertentu yang berbeda.

Keempat, pola kemitraan yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar pengolah produk-produk hortikultura membuka kesempatan yang besar bagi keikut-sertaan sejumlah besar petani-petani potensial di berbagai daerah yang sesuai peruntukkannya bagi usaha hortikultura.

Kelima, program otonomi daerah yang sedang memacu komoditas-komoditas unggulan daerahnya diduga akan menghasilkan skala ekonomi bisnis yang mencukupi, sehingga agribisnis hortikultura akan lebih tenjamin ketahanan hidupnya.

Keenam, beberapa negara donor seperti Jepang, Amerika Senikat, Belanda dan lain-lain bekerjasama dengan Departemen Pertanian memberikan bantuan teknis untuk pengembangan komoditas-komoditas hortikultura yang dapat membantu peningkatan mutu produk serta perbaikan teknologi budidaya dan pengolahan hasil panennya.

Ketujuh, pameran produk-produk pertanian yang kini semakin sering dilakukan banyak membuka peluang kontak antara petani produsen dengan pemasar dan importir yang memungkinkan peningkatan volume bisnis di masa depan.

Kedelapan, kinerja penelitian dan pengembangan di lembaga-lembaga riset dan universitas semakin mem-perlihatkan kemajuan dan dapat diakses oleh para petani dan pelaku agribisnis hortikultura swasta.

Kesembilan, adanya semangat nasional dalam mempenbaiki rantai pemasaran produk pertanian, termasuk hortikultura dalam bentuk pasar-pasar induk atau terminal agribisnis akan semakin merangsang budidaya dan bisnis hortikultura di masa depan.

3 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Ny. SISKA WIBOWO mengatakan...

Halo semuanya, Nama saya Siska wibobo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

DUŠKA ALŽBĚTA mengatakan...

Saya akan sangat merekomendasikan layanan pendanaan meridian Le_ kepada siapa saja yang membutuhkan bantuan keuangan dan mereka akan membuat Anda tetap di atas direktori tinggi untuk kebutuhan lebih lanjut. Sekali lagi saya memuji diri sendiri dan staf Anda untuk layanan luar biasa dan layanan pelanggan, karena ini merupakan aset besar bagi perusahaan Anda dan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan seperti saya. Semoga Anda mendapatkan yang terbaik untuk masa depan. Layanan pendanaan meridian adalah cara terbaik untuk mendapatkan pinjaman yang mudah, di sini ada email .. lfdsloans@lemeridianfds.com Atau bicaralah dengan Bpk. Benjamin Di WhatsApp Via_. 1-989-394-3740
Terima kasih telah membantu saya dengan pinjaman sekali lagi dalam hati yang tulus, saya selamanya berterima kasih.